Kamis, 29 September 2011

cara cepat mendapat pekerjaan fresh gaduate

Tips Cepat Mendapat Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

Siapa sih yang tidak ingin setelah lulus kuliah langsung dapet kerja?
Pasti tidak ada kan yang menginginkan tuk jadi seorang pengangguran?Namun pada kenyataannya saat ini banyak diantara mahasiswa-mahasiswa setelah selesai melalui proses studi dan memperoleh gelar sarjana banyak diantara mereka yang justru mengalami nasib yang sangat-sangat kurang menguntungkan.Alih-alih nasib mereka yang kurang menguntungkan,ternyata mereka juga belum cakap atau belum mempunyai kompetensi yang cukup memadai.Selain itu belum adanya budaya kerja yang tertanam dalam benak mahasiswa sehingga masih terbiasa dengan kebiasaan bermalas-malasan.Nah,berikut ini ada beberapa tips supaya sebagai alumni mahasiswa baru cepat mendapat pekerjaan dan terhindar dari status pengangguran
.



1.Miliki pengetahuan teknik wawancara pekerjaan. Buku dan artikel tentang hal ini bisa kita dapatkan di toko buku ataupun di internet. Jangan khawatir mengenai biaya, karena banyak sekali artikel tentang teknik wawancara bisa didapat dengan gratis melalui internet.
2.Setahun sebelum perkiraan lulus kuliah, melamarlah untuk beberapa pekerjaan yang diminati, katakan didalam surat lamaran, bahwa saat ini anda masih kuliah, namun dalam persiapan menyusun skripsi. Cari juga beberapa lowongan kerja yang mungkin cocok untuk anda.

3.Saat melamar, jika calon pemberi kerja (perusahaan) mensyaratkan untuk mengirimkan berkas lamaran melalui pos, maka sebaiknya hanya menyertakan surat lamaran dan Curriculum Vitae (CV) atau riwayat hidup saja. Katakan didalam surat lamaran bahwa dokumen lainnya termasuk foto copy KTP akan diberikan menyusul. Tujuan dari hal ini adalah semata-mata untuk menghemat biaya melamar anda.
4.Untuk pekerjaan atau jabatan yang tidak harus memiliki latar belakang pendidikan khusus, seperti dokter, akuntan, arsitek atau engineer, maka walaupun calon pemberi kerja (perusahaan) telah mensyaratkan latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan anda, jangan “takut” untuk tetap melamar.

5.Upayakan memiliki pengalaman kerja semasa anda kulian, walaupun hanya berupa praktek kerja, atau pekerjaan paruh waktu, dan cantumkam pengalaman kerja ini dalam CV anda.
6.Aktivitas berorganisasi perlu juga disertakan saat menuliskan CV, sebab biasanya aktivitas organisasi banyak memberi kematangan dalam berinterkasi dan berkomunikasi yang tentunya dibutuhkan juga dalam dunia kerja. Mungkin saya juga bisa memberikan salah satu solusi yang paling baik adalah kita mulai dengan bisnis.

Nah,itulah beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan supaya kita dapat dengan mudah memperoleh pekerjaan setelah lulus kuliah.Jangan sampai kita setelah lulus kuliah justru menghadapi sebuah kenyataan pahit dengan tidak memperoleh pekerjaan.Pengangguran adalah sesuatu momok yang sangat menakutkan lagi menyakitkan untuk kita semua.






sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8663936

Tidak ada komentar:

Posting Komentar