Jumat, 30 September 2011

Cara melatih dan mengencangkan otot perut

Perut merupakan bagian yang sangat perlu diperhatikan, baik bagi pria maupun wanita. Perut yang rata dan kencang akan terlihat indah dan padat. Namun untuk membentuk perut kencang menawan tidaklah mudah, dibutuhkan waktu dan kesabaran. Agar bisa membentuk otot perut yang tepat, Pastikan berat badan ideal dengan menjaga pola makan sehat dan teratur.

otot perut

* otot perut bawah

Posisi awal badan berbaring di atas lantai, atau bangku datar/miring, dengan lutut menekuk. Gerakan lutut mendekati dada, perlahan dan terkontrol dengan mengontraksi perut bawah. Lalu kembalilah perlahan-lahan ke posisi awal.

Tiap gerakan fokuskan menarik dengan perut bawah. Batasi gerakan jangan sampai terlalu banyak menegangnya otot pinggul. Target latihan ini memberikan efek pada perut bawah.

* Leg raise/hip up

Gunakan bangku datar/miring, kaki lurus dengan ujung kaki sedikit menggantung. Gunakan pinggul untuk mengangkat kaki sampai jari kaki berada tepat di atas pusar. Jaga agar kaki tetap lurus saat diangkat. Kaki akan tegak lurus terhadap tubuh (membentuk sudut 45 derajat).

Lalu angkat pinggul dari bangku setinggi 3-5 inci, jaga agar kaki tetap tegak lurus terhadap tubuh. Angkat pinggul dan dorong kaki dengan menggunakan perut bawah. Kaki harus bergerak lurus ke atas pada saat Anda mengangkat pinggul.

* Side crunch

Dimulai dengan posisi badan berbaring di atas lantai atau bangku datar/miring dengan posisi miring. Lutut tertekuk dan tangan berpegangan pada ujung bangku atau sesuatu di belakang Anda.

Lalu gerakkan secara perlahan lutut mendekati dada. Pindah ke sisi tubuh lainnya dan ulangi. Jaga gerakan agar tetap pendek untuk mencegah ikut menegangnya otot pinggul. Gunakan latihan ini untuk membentuk perut bawah dan atas.

* Knee up

Posisi awal, duduklah di atas bangku dengan tubuh searah bangku dan kaki lurus. Berpeganglah pada tepi bangku. Angkat kaki dari atas bangku dan tekuk lutut. Lalu lutut yang tertekuk tadi diangkat mendekati dada, dengan jari kaki terjulur. Setelah menyelesaikan gerakan tersebut, ambil istirahat 2-3 menit.

Keempat jenis latihan tersebut bisa dilakukan tiga set, sambil diselingi istirahat 2-3 menit. Jika perut terasa sakit setelah menyelesaikan latihan, lanjutnya, tidak perlu dicemaskan, karena rasa sakit itu akan sembuh cepat dalam beberapa waktu kemudian. latihan sebaiknya dilakukan tiga kali seminggu.

Selamat mencoba,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar