Sabtu, 15 Oktober 2011

Bangunan piramida bawah tanah

IntermezoNews -Kalau biasanya kita dibuat terkagum-kagum dengan adanya gedung-gedung tinggi pencakar langit. Kali ini bersiaplah untuk menyambut adanya bangunan luar biasa dari kota Meksiko, yakni gedung pencakar perut bumi. Gedung pencakar perut bumi yang dimaksud adalah bangunan raksasa berbentuk piramida terbalik yang 'ditancapkan' di kedalaman tanah sedalam 300 meter menuju perut bumi.

Gedung piramida terbalik ini akan memiliki 65 lantai dari bawah tanah. Sebanyak 35 lantai paling ujung atau paling dalam dari gedung ini akan dijadikan pusat perkantoran. 10 lantai di atas area perkantoran adalah tempat tinggal, 10 lantai di atas area tempat tinggal atau pemukiman adalah pusat perbelanjaan, dan 10 lantai di atas pusat perbelanjaan adalah museum.

Permukaan paling atas dari gedung terbalik ini akan ditutupi lantai yang terbuat dari kaca seluas 240 meter x 240 meter. Sehingga di dalam bangunan tersebut mendapatkan cahaya alami dari dunia atas. Di tengah persegi tersebut tak lupa ditancapkan pula bendera nasional Meksiko.

Esteban Suarez, dari perusahaan arsitektur BNKR Arquitectura mengatakan, bangunan tersebut akan menjadi pusat budaya baru bagi Meksiko.

"Infrastuktur baru, perkantoran, pusat perbelanjaan dan kawasan hunian baru di kota ini diperlukan tetapi tidak ada lahan yang tersedia," ungkap Suarez seperti dikutip Daily Mail, Kamis (13/10/2011).
Rancangan dari gedung piramida terbalik di bawah tanah kota Meksiko/dym
Rancangan dari gedung piramida terbalik di bawah tanah kota Meksiko/dym

"Hukum federal dan hukum lokal melarang adanya penghancuran dari gedung-gedung yang mengandung sejarah. Adapun gedung baru yang boleh dibangun hanya dibatasi sampai delapan tingkat saja," lanjutnya.

"Pusat sejarah kota ini perlu dilakukan pembaharuan tetapi tidak ada tempat untuk itu. Satu-satunya cara adalah membuat gedung yang dibangun terbalik," jelasnya.

Piramida terbalik ini diharapkan akan memiliki peranan besar terhadap sejarah arsitektur Meksiko.(rhs)[ SUMBER ]

1 komentar:

  1. togel online

    Minimal Deposit Dan Withdraw 20.000
    Keterangan Lebih Lanjut, Anda Bisa Hubungi Disini.
    * Pin BBM : D1A279B6
    * Pin BBM : 7B83E334
    * Whatsapp : +85598291698
    * Skype : Poin.4D
    * Line : +85598291698

    BalasHapus