Minggu, 16 Oktober 2011

Cara Mengatasi Masalah Rambut Rontok


Masalah rambut rontok dan tidak subur bisa dialami oleh siapa saja, jika tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan kebotakan. Tapi rambut yang rontok bisa dihentikan dengan mengonsumsi teh hijau.


Selama ini teh hijau diketahui memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, mencegah kanker dan diabetes, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menghilangkan bau mulut. Tapi ternyata teh yang satu ini juga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut.




Pertumbuhan rambut dipengaruhi oleh suatu siklus dan beberapa studi menemukan bahwa teh hijau memiliki dampak positif terhadap siklus rambut ini. Ada beberapa cara yang diduga dilakukan teh hijau dalam membantu pertumbuhan, mencegah dan menghentikan kerontokan rambut, yaitu:


1. Menghambat DHT (Dihydrotestosterone)
Studi menemukan penyebab utama kerontokan rambut adalah DHT, dan sensitivitas folikel terhadap DHT ini bisa menyebabkan kebotakan. Teh hijau diduga bisa menjadi penghambat DHT, karena ia meningkatkan kadar hormon seks yang mengikat globulin (Sex hormone binding globulin/SBHG) yang berinteraksi dengan testosteron sehingga mencegah pembentukan DHT.


2. Meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut
Teh hijau mengandung polifenol catechin yang merupakan salah satu molekul esensial. Pada beberapa studi zat ini bisa memicu relaksasi pada sistem sirkulasi darah microcapillary di dalam folikel rambut.


3. Merangsang pertumbuhan rambut
Saitama Cancer Center Research Institute di Jepang dan Seoul National University College of Medicine menemukan bukti positif dari senyawa epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Studi di laboratorium menemukan bahwa pertumbuhan rambut menjadi lebih baik dan folikel menjadi lebih panjang jika diberikan EGCG.


4. Memperkuat dan melembabkan rambut
Beberapa kandungan dalam teh hijau bisa bermanfaat untuk rambut. Kandungan vitamin E bisa meremajakan rambut kering atau rusak, vitamin C bisa melindungi rambut dari kerusakan radiasi sinar UV dan panthenol (provitamin) bisa menambah kekuatan rambut dan membuatnya jadi lembut sehingga tidak mudah rontok.


Mengonsumsi teh hijau dua kali sehari terbukti bisa bermanfaat bagi kesehatan secara menyeluruh termasuk membuat rambut jadi kuat dan sehat sehingga mampu mencegah dan menghentikan kerontokan rambut.Semoga menambah wawasan kita semua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar