Sabtu, 15 Oktober 2011

Perbedaan antara Fakta dengan Opini

Apa sebenarnya bedanya antara fakta dan opini, yang menjadikan sebagian orang bahkan para ahli berbeda pendapat mengenai hal ini. Postingan usaha sukses kali ini tentang apa perbedaan fakta dan opini yang akan diterangkan secara ringkas :


Untuk mengetahui perbedaannya kita harus mengetahui definisi awal dari keduanya. Fakta adalah sesuatu yang secara empiris benar dan dapat didukung oleh bukti sementara dan bisa juga sebagai suatu pendapat yang berasal dari sebuah keyakinan yang mungkin didukung atau tidak mungkin didukung dengan beberapa jenis bukti. Sedangkan Opini biasanya sebuah pernyataan subyektif yang berasal dari sikap emosinal atau interpretasi fakta yang didapatkan oleh individu.

Perbedaan fakta dan opini terletak dalam pandangan realita yang diyakini benar atau hanya sebuah pernyataan yang subyektif. Sebuah Fakta bisa dikatakan benar apabila diyakini kebenarannya. Karena keyakinan adalah identik dengan pendapat, orang yang membuat pernyataan faktual juga memegang pendapat bahwa fakta adalah benar. Misalnya, perbedaan biologis antara pria dan wanita adalah sebuah fakta sementara preferensi untuk salah satu jenis kelamin dengan lainnya adalah pendapat.

Fakta dalam beberapa kasus bisa menjadi subyektif. Fakta subjektif dapat disampaikan berdasarkan perasaan seseorang. Jika Anda memberitahu seseorang bahwa Anda sedang marah, yang menunjukan fakta subjektif tentang keadaan emosi Anda. Di sudut lain jika saya memberitahu Anda bahwa Anda kelihatan sedang marah, pernyataan ini akan memenuhi syarat hanya sebagai opini saya terlepas dari apakah itu benar tidaknya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar