Sabtu, 15 Oktober 2011

Elang Harpy, Elang Terkuat Di Dunia.

Elang yang terlihat lucu dan imut ini sering disebut sebagai elang paling kuat di dunia. Tubuhnya dapat mencapai berat 9 kg, panjang badannya 105 cm, dan rentang sayapnya 2 meter. Cakarnya lebih panjang daripada cakar beruang serta memiliki cengkeraman kuat, sehingga dia dapat mematahkan lengan seorang pria atau bahkan menembus tulang kepala.





Elang Harpy ditemukan di beberapa wilayah Meksiko bagian selatan, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Mangsa utama Elang Harpy adalah monyet, sloth, burung-burung besar seperti burung macaw, iguana dan kadang kala ular boa.


Harpie menghabiskan waktunya di ketinggian. Ia berburu dengan cara terbang mengelilingi puncak pohon atau dari pohon ke pohon. Kera dan kungkang yang berkembang di dalam hutan tropis merupakan korban utama dari elang ini. Namun, kadang harpie juga menyerang burung besar lainnya, seperti betet ara. Dalam sarang harpie, para ilmuwan juga menemukan sisa-sisa aglouti (pengerat besar) dan mamalia lain yang hidup di tanah. Ini menandakan bahwa sesekali harpie juga turun ke tanah. Saat terbang, kecepatan harpie bisa mencapai 80 km/jam.



Seperti halnya Elang Filipina, Elang Harpy juga berburu di kelebatan hutan dan termasuk dalam spesies yang terancam kepunahan, sehingga sebagian penduduk Meksiko menganggap Elang Harpy bagaikan burung dalam legenda.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar