Minggu, 09 Oktober 2011

Daftar mobil buatan indonesia








Salah satu mobil Esemka yakni Rajawali ditargetkan dapat segera diproduksi massal dan dijual ke pasar otomotif dalam negeri pada tahun 2013-2014 mendatang.

Lamanya waktu peluncuran itu dimaksudkan agar mobil ini dapat terus diuji coba hingga akhirnya dapat sebuah mobil yang benar-benar berkualitas dan bisa membanggakan semangat nasionalisme.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Sekolah SMK 1 Singosari, H Bagus Gunawan kepada detikOto, Selasa (17/8/2010).

"Saat ini sedang diuji dan akan terus diuji sampai dapat sebuah mobil yang benar-benar bagus. Targetnya 2013-2014 Esemka akan ada di pasaran," ungkapnya.

Untuk menyambut hal itu, SMK-SMK menurut Bagus sudah mulai bersiap-siap. Perusahaan-perusahaan yang biasa membuat komponen pun sudah dihubungi untuk menjadi vendor berbagai komponen Esemka Rajawali ini.

"Saya lihat banyak sekali perusahaan-perusahaan kecil yang ternyata sanggup membuat komponen yang bagus terutama di Pasuruan. Nantinya kalau kita sudah ke tahap produksi massal mereka itulah yang akan kita gandeng sebagai vendor," tandasnya.

"Jadi SMK Singosari ini hanya akan menjadi tempat perakitan dan finishing mobil saja. Sementara komponennya mereka yang buat," tambah Bagus.

Mobil Esemka ini sendiri dirakit dan dikembangkan oleh lima SMK yakni SMK 2 Solo, SMK 5 Solo, SMK Warga Solo, SMK Muhammadiah Borobudur dan SMK 1 Singosari.

Selain memiliki mobil bermodel Sport Utility Vehicle (SUV) bernama Rajawali ada pula sebuah mobil bernama Esemka Digjaya yang bermodel double cabin. Kedua mobil ini nantinya akan mengadopsi mesin berkapasitas 1.800 cc, 2.000 cc, 2.200 cc, dan diesel 2.500 cc yang kalau dijual massal kemungkinan akan dihargai antara Rp140 juta sampai 175 jutaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar