Sabtu, 15 Oktober 2011

Melihat markas AL amerika bawah tanah

Muskö pangkalan angkatan laut merupakan fasilitas angkatan laut Swedia bawah tanah di pulau Muskö tepat di sebelah selatan Stockholm di Kota Haninge (Haninge Komun).
Pembangunan dasar dimulai pada tahun 1950 dan selesai 19 tahun kemudian pada tahun 1969. Selama konstruksi sekitar 1,5 juta ton batu granit telah digali dan diangkat. Pangkalan ini memiliki 3 dok, awalnya dirancang untuk markas kapal perusak dan kapal selam .

Dasar bawah tanah itu sendiri memiliki luas wilayah beberapa km ² dan terhubung dengan 20 km (12 mil) dari jalan bawah tanah.
A km 3 (1,9 mil) panjang, jalan sempit berbahaya terowongan menjalankan beberapa 70 meter (230 kaki) di bawah permukaan laut menghubungkan daratan dan pulau Muskö.

Selama perang dingin fasilitas bawah tanah terus sangat dijaga kerahasiaannya dan hampir sama sekali tidak dikenal masyarakat.Pada tahun 2004 pemerintah Swedia memutuskan bahwa angkatan laut harus dikonsentrasikan pada satu markas saja, pangkalan angkatan laut Karlskrona , dan banyak dari markas di Muskö ditutup.

Hari ini beberapa bagian fasilitas tersebut masih digunakan oleh militer. Galangan kapal bawah tanah dioperasikan oleh Kockums AB dan Muskövarvet AB.Salah satu insiden kapal selam Swedia pada bulan Oktober,, 1982 berlangsung di pangkalan angkatan laut Muskö.
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2000, menyimpulkan bahwa sedimentasi di terowongan yang mengarah ke dermaga mengandung PCBs ,senyawa organik dan logam berat, terutama merkuri dan tembaga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar