Senin, 03 Oktober 2011

Cara menjaga kebersihan sayuran



Jika anda sering masak, perlakuan apa yang terlebih dahulu anda lakukan pada sayuran? Cuci dulu baru dipotong atau potong dulu baru dicuci?? Kebanyakan orang, sayuran dicuci terlebih dahulu baru kemudian dipotong. Sebenarnya mana yang benar? Sayuran dicuci dulu baru dipotong atau potong dulu baru dicuci??
Sayuran merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral yang salah satu fungsinya membantu penyerapan zat gizi dalam tubuh. Vitamin B dan C adalah vitamin larut air. Contoh sumber vitamin larut air adalah daun singkong, daun katuk, daun melinjo, sawi, kol, bayam, kangkung dan lain-lain.

Karena vitamin B dan C adalah vitamin larut air maka vitamin-vitamin ini sangat mudah larut dalam air. Jika sayuran dipotong terlebih dahulu kemudian baru dicuci maka vitamin larut air (vitamin B dan C) dengan mudah dapat larut dalam air dibandingkan dengan sayuran dicuci terlebih dahulu baru dipotong. Sehingga bisa dikatakan anda hanya mengkonsumsi sayur yang telah menjadi ampas karena tidak lagi mengandung vitamin B dan C.

Bagi anda yang sudah terbiasa memotong sayur terlebih dahulu baru kemudian dicuci, sekarang mulailah mencuci sayur terlebih dahulu baru kemudian memotongnya agar anda tidak kehilangan manfaat vitamin B dan C.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar