Minggu, 02 Oktober 2011

Cara menambah berat badan yang baik


Banyak orang yang berjuang dengan masalah obesitas dan berusaha keras untuk menyingkirkan lemak berlebih dari tubuh mereka. Namun di sisi lain, sangat umum untuk dilihat bagaimana beberapa orang terlihat begitu kurus dan berusaha keras untuk menambah berat badan mereka.
Ada orang-orang yang memang kurus secara alami dan tubuhnya tetap seperti itu meskipun mereka memakan apa saja yang mereka suka, sebanyak apapun, semua dilibat habis dalam hitungan menit dan tidak pernah berolahraga. Aneh kedengarannya, karena kebanyakan dari mereka sering bertanya-tanya bagaimana caranya menambah berat badan, karena ada beberapa resiko yang dikaitkan dengan berat bedan kurang atau terlalu kurus. Beberapa resiko yang paling umum bagi orang dengan berat badan kurang adalah komplikasi saat menjalani operasi, daya tahan tubuh rendah dan pulih lebih lama setelah sakit. Untungnya, masalah ini dapat ditangani dengan mengikuti beberapa tips sederhana “bagaimana menambah berat badan ideal dengan cara sehat”.

Bagaimana Menambah Berat Badan?
Ironisnya, memiliki berat badan yang diinginkan dengan cara yang benar sama menantangnya dengan menurunkan berat badan. Dalam banyak kasus, orang yang menambah atau menurunkan berat badan dengan cepat menggunakan cara-cara yang tidak sehat. Oleh karena itu mereka yang sedang mencari pilihan bagaimana menambah berat badan dengan cepat harus mempertimbangkan cara yang sehat dan mendapatkan berat badan yang diinginkan sebagai gantinya. Pilihan terbaik untuk menambah berat badan dengan cara sehat adalah dengan memakan makanan yang memiliki kepadatan energi tinggi. Hal ini berarti energi atau kalori yang terkandung dalam satu item makanan lebih tinggi dari berat makanan yang sebenarnya.
Anda juga perlu mengingat bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi berat badan dan salah satunya adalah metabolisme. Mereka yang memiliki metabolisme yang tinggi lebih sulit untuk menambah berat badan, karena tubuh mereka membakar lemak dan kalori pada tingkat yang lebih cepat.

Bagaimana Menambah Berat Badan Bagi Mereka Yang Memiliki Metabolisme Tinggi?
Ada satu solusi sederhana bagi mereka yang ingin menambah berat badan tapi memiliki metabolisme yang tinggi. Solusinya adalah mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dapat dibakar tubuh Anda. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu berapa banyak kalori yang dibakar tubuh Anda dalam sehari, dengan menggunakan “perhitungan kebutuhan kalori harian” selama sekitar satu atau dua minggu. Setelah Anda mendapatkan perkiraan berapa banyak kalori yang Anda bakar dalam sehari, Anda perlu memastikan agar Anda makan setidaknya 500 kalori lebih banyak setiap hari. Jika 500 kalori ekstra itu tidak membuat banyak perubahan, Anda mungkin perlu meningkatkan konsumsi kalori Anda sekitar 300 kalori lebih banyak setiap hari.
Anda dapat meningkatkan kalori lebih banyak, namun ada resiko yang mengikuti yaitu tubuh Anda akan menyimpan lebih banyak lemak, bukan otot. Anda mungkin harus menunggu beberapa minggu sebelum Anda benar-benar mulai dapat melihat hasilnya. Meskipun menambah berat badan itu memakan waktu, sangat penting bagi Anda untuk tetap konsisten dengan asupan kalori yang Anda jalani.

Apa Yang Harus Dimakan Untuk Menambah Berat Badan?
Sangat penting untuk memperhatikan apa yang Anda makan, karena orang kurus sekalipun bisa sakit jika mengkonsumsi terlalu banyak jenis makanan yang salah. Mengkonsumsi terlalu banyak junk food, makanan olahan dan makanan yang digoreng tidak sehat untuk siapapun juga, termasuk orang kurus. Oleh karena itu, makanan tersebut harus dibatasi. Jika Anda sedang berusaha untuk menaikkan berat badan, Anda dapat mengkonsumsi tambahan makanan dari kelompok makanan berikut ini:
  • Daging: ayam, ikan, telur, kalkun, daging sapi dan babi.
  • Produk susu: susu, es krim, keju lembut, yogurt dan keju.
  • Biji-bijian: beras, gandum, bubur jagung, pancake, pasta, roti gulung, muffin, sereal dan roti.
  • Buah-buahan: buah kaleng, buah-buahan segar, buah beku dan jus.
  • Sayuran: sayuran segar, sayuran kaleng, sayuran beku.
  • Minyak: mentega, margarin, mayonaise, dan minyak oles.
  • Kacang-kacangan: kacang mete, almond, pistachio dan walnut.
Pastikan bahwa Anda tidak pernah melewati waktu makan karena akan membuat perbedaan yang besar antara kehilangan berat badan dan menambah berat badan.
Saat berusaha menambah berat badan, Anda perlu menghindari kafein dan nikotin, karena kedua zat ini akan merangsang dan meningkatkan metabolisme Anda (itulah sebabnya mengapa banyak perokok bertubuh kurus). Oleh karena itu cara terbaik adalah dengan menahan diri dari stimulan tersebut, sehingga tubuh Anda dapat mempertahankan nilai gizi maksimum dari apa yang Anda makan.

Bagaimana Menambah Berat Badan Secara Cepat Bagi Wanita?
Bertentangan dengan kepercayaan umum, tidak ada orang yang suka jika badannya terlalu kurus, atau terlihat seperti tulang berjalan. Tentu saja, saat wanita manapun begitu menikmati jika mereka bisa memakan makanan favorit mereka, tidak ada yang mau terlihat terlalu kurus. Menambah berat badan bagi wanita sedikit berbeda, karena sebagian besar wanita hanya ingin menonjolkan bagian-bagian tertentu, bukan lemak dan otot. Tak seorangpun menginginkan tangan yang bergantung atau dagu berlipat yang pasti akan muncul jika Anda menambah berat badan dengan cara yang tidak sehat.
Menghabiskan waktu selama berjam-jam di gym untuk menambah berat badan dapat menambah massa otot pada wanita. Selain itu, hormon dapat memainkan peranan yang sangat penting akan bagaimana bentuk badan wanita saat berat badannya bertambah. Oleh karena itu, sangat penting bagi para wanita untuk menganalisa secara tepat dan mengidentifikasi berat lemak, berat air dan berat otot yang ideal bagi mereka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar