Minggu, 09 Oktober 2011

Persaingan artis korea


Berbeda dengan Indonesia yang selalu mengandalkan "SENSASI" untuk mengorbitkan penyanyi-penyayi pendatang baru, di korea istilah sensasi sepertinya ga berlaku sama sekali! Butuh Pengorbanan dan kerja keras yang luar biasa untuk menjadi seorang penyanyi sukses!

Ini fakta-fakta yang berhasil gw kumpulin:

1. Terdapat 3 manajamen / agensi besar di Korea, JYP Entertainment, YG Entertainment, dan SM Entertainment.


2. Di Korea menjadi artis bukanlah hal yang mudah! ada 2 hal paling utama yang menentukan layak atau tidaknya seseorang menjadi artis, SKILL dan PENAMPILAN. Tapi tentu skill tetap nomor 1 karena bagi mereka penampilan bisa diubah sewaktu-waktu.

3. Para 'calon artis' biasanya dilatih (di training) nyanyi, dance, vocal, akting, juga kekompakan sesama member dan biasanya dilatihnya itu ga sebulan dua bulan tapi bertahun-tahun -ada yg sampe 5 tahun lebih- sebelum akhirnya didebutkan menjadi penyanyi! tentu saja sebelum menjadi trainee (calon artis) mereka harus melewati 3 tahap audisi.

4. Umur 'calon artis' yg dicari biasanya antara 12-17tahun.. dengan waktu trainee yg panjang tapi sesuai sih sama hasilnya

5. untuk para trainer semua kebutuhan ditanggung manajemen tapi bila trainer tsb sudah debut (diorbitkan menjadi artis) biasanya sistem pembagian hasilnya kurang fair, lebih banyak ke pihak manajemen.. hitungannya bayar biaya selama si artis di trainee.

6. penyanyi korea yg masih muda-muda (kayak kpop grup gitu) disebut IDOL disana

7. Idol korea DILARANG pacaran oleh manajemen mereka karena akan sangat membahayakan karir mereka! Kalau usia mereka sudah lebih dari 30tahun, baru di perbolehkan pacaran, itupun untuk manajemen tertentu.

8. Grup-grup yang baru debut disebut rookie group dan biasanya ga terlalu di gubris orang korea sana

9. Rookie grup biasa debut di acara music populer di korea, MNet Countdown, Inkigayo, Music Bank, dan Music Core

10. kalo suatu grup/artis bisa menang 3 award dari acara music yang populer tersebut, mereka disebut Triple Crown

11. Artis wajib ngikutin schedule yg udah dibuat manajemen selama 24 jam per 7 hari! makanya mereka harus tinggal di dorm / asrama khusus

12. katanya nih wajah-wajah melayu susah kalo mau debut di korea soalnya orang korea kurang suka muka melayu (kyk muka org indo ><)

13. Menjadi penyanyi adalah harapan hampir 80% orang tua di korea, karena kesuksesannya pasti luar biasa

14. Korean fans itu loyal banget! mereka rela ngabisin uang buat beli CD, poster, dan barang2 lainnya yg berhubungan dg idol mereka

15. CD/Calendar/dan merchandise KPOP lainnya adalah barang yg paling laris di korea. justru produk-produk kayak kosmetik, baju, dll adalah nomer kesekian buat mereka alias ga penting-penting banget!

16. kebanyakan korean fans cuma punya 1 fandom / fanbase / fansclub, ga lebih! paling banyak 2-3 deh.. mereka konsisten! kalo udah dari awal suka sama satu grup, sampe kapanpun ga bakal ganti tp ttp ada pengecualian.. misal fandom awal mereka ELF (fans Super Junior), sampe kpnpun mereka ELF.. kalo misal suka Shinee jg, mereka ga akan menyebut diri mereka Shawol. paling kalo sekedar suka mereka cuma nyebut diri mereka Shinee's fans atau SNSD's fans bukan fandom! fandom mereka cuma 1

17. karena ke konsistenan mereka itu, walopun ada artis dihadapan mereka, mereka ga bakal peduli kalau itu bukan bias / artis idola mereka! gitu juga dengan K-Drama, mereka katanya cuma mau nonton kalo yg main itu salah satu dari kpop grup favorit mereka. jadi jangan heran kalo ketemu orang korea trus kamu tanya "kenal sama artis .... ga?" trus dia jawab ga kenal pdhl artis famous

18. penjualan album KPOP juga pasti melunjak kalo lagi comeback! biasanya 1 orang fans bisa beli lebih dari 5 CD KPOP yg sama!! alasannya? karena penjualan album kpop itu yg menentukan peringkat kpop idol favorit mereka di chart seperti dosirak, soribada, dll! menurut Korean Fans bukan fans beneran kalo ga bela-belain beli album idol favorite mereka krn masuk korean chart penting bgt!!

19. Dikorea, ga cuma anak muda yg demen kpop, kalo lagi fanmeeting jangan kaget tiba2 liat ahjumma / ibu-ibu ikutan ngantri.

20. org korea cinta bgt sama budaya mereka, dan artis2nya dlm kesempatan yg pas diwajibkan mempromosikan apa aja ttg korea, mulai dari makanan, tempat wisata, dll.. jadi jangan heran kalau udah liat orang korea menyantap makanannya pasti kita jadi ikut laper!

21. kalo di SM Entertainment audisi menuntut Skill dan Fisik, kalo di JYP Entertainment.. Selain 2 hal tersebut, nilai rapot juga ikut menentukan lolos gak nya. waktu mau audisi di JYP mereka wajib menunjukan rapot mereka, dan harus ranking! Misalnya udah lolos audisi di JYP, tapi beberapa waktu kemudian nilai rapotnya turun drastis, bakal dapet peringatan, setelah dapat peringatan dan nilai rapot tetap rendah, maka siap-siap dikeluarin deh dari jyp

22. di korea pernah ada pepatah "kalau kamu ga bisa sukses dibawah SM Ent, berarti dibawah manajemen manapun ga akan pernah sukses"

23. Persaingan para idol di korea itu kuat banget loh, makanya mereka ga takut buat oplas sana-sini biar ga kalah saingan. ga jarang ada artis yg bunuh diri karena ga mampu bersaing dengan artis-artis lainnya O.O

24. SM, JYP, dan YG termasuk perusahaan yang berpengaruh di korea! karena artis dibawah manajemen mereka biasanya slalu sukses, dan lonjakan saham mereka juga sedikit banyaknya mempenaruhi perekonomian korea.

25. ada bebrapa manajemen yg mewajibkan artisnya tinggal di dorm karena padatnya jadwal mereka, kalo asli dr luar daerah, mereka harus mau pindah ke seoul

26. Korean fans suka ngasih hadiah bintang (bintang dilangit tuh) buat artisnya karena menurut mereka bintang itu abadi dan bakal diingat terus :')

27. korean fans ga peduli idolnya oplas atau ga, menurutnya yg penting gimana idolnya sekarang bukan dulunya!

28. YG Entertainment ga peduli penampilan seseorang, yg terpenting skill nya bkn sekedar bagus tp Luar Biasa dan org tersebut pekerja keras

29. perbandingan artis yg debut dan artis yg gagal disaat bersamaan adalah 1:10 Maksudnya kalo hari ini ada 1 artis yg debut, berarti disaat yg sama ada 10 artis yg gagal atau dikeluarin dr manajemennya

30. korean fans ga ragu buat mendonasikan uang mereka dlm jumlah besar buat fandom mereka, makanya fandom sana kaya2

31. fans korea adalah fans yang sangat posesif! mereka paling ga suka liat artis idola mereka deket / bahkan pacaran sama artis lain! jika hal itu terjadi popularitas si artis dan pacaranya (yg juga artis) akan turun drastis! Selain itu mereka ga akan tinggal diam, korean fans biasanya akan menyerang cewek mana aja yang berani deketin artis idola mereka, ga jarang mereka juga main fisik! Makanya untuk para artis korea, pacaran itu DILARANG!

Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8178783

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar