Sabtu, 08 Oktober 2011

Tanda-tanda kanker kulit

Noda pada kulit sering disepelakan dan dinggap hanya noda biasa.














Kanker kulit sering terlambat diatasi karena para penderita tidak menyadarinya. Sebenarnya, gejala kanker kulit bisa dilihat sendiri. Jika terdapat noda pada kulit yang baru muncul Anda jangan menganggapnya sebagai noda biasa dan harus mencurigainya.

Noda baru pada kulit bisa dikatakan sebagai pertanda kanker kulit dan jika tidak segera diatasi bisa menjadi parah. Noda pada kulit seringkali disepelekan dan dianggap hanya noda biasa. Nah, berikut lima tanda noda pada kulit merupakan kanker.

- Asimetris

Bentuk noda kanker biasanya asimetris atau tidak beraturan. Hal ini sangat berbeda dengan tahi lalat atau noda biasa yang bentuknya bulat dan teratur. Noda yang merupakan pertanda sel kanker juga bentuknya tidak datar.

- Batas

Anda harus jeli melihat batas pada noda. Jika terlihat jelas batas noda, itu merupakan noda biasa atau tahi lalat. Tetapi jika batas noda terlihat samar, maka harus dicurigai. Bisa jadi noda tersebut merupakan kanker.

- Warna

Warna melanoma (kanker kulit) bukam hitam atau coklat saja tetapi cenderung campuran beberapa warna. Seperti merah, hitam, coklat. Jika ada noda yang terlihat campuran beberapa warna segera periksakan diri ke dokter.

- Melebar
Hati-hati jika tahi lalat atau noda pada kulit melebar atau tumbuh. Apalagi disertai dengan perubahan warna dan rasa gatal. hal itu bisa menjadi pertanda kanker kulit. Jangan disepelekan dan Anda harus segera berkonsultasi ke dokter.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar