Senin, 10 Oktober 2011

Produk indonesia yang mendunia

Dibawah ini sumbangan dari kosakata Indonesia untuk dunia. Kata-kata Indonesia ini sudah diserap kedalam bahasa Inggris. Sebetulnya ada beberapa kata yang bukan khas Indonesia, tetapi Melayu (sarung, agar-agar, kecap). Sedangkan kata kapur barangkali berasal dari bahasa arab arab kafur.

1. Agar (Agar-agar)

Agar-agar terbuat dari rumput laut, bentuknya mirip dengan gelatin yang terbuat dari tulang dan kulit hewan. Agar-agar kerap digunakan sebagai media tumbuh untuk bakteri dan jamur di laboratorium. Agar-agar baik untuk pencernaan karena mengandung 80 % serat.

AGAR AGAR

2. Batik

Teknik mewarnai kain dengan cara memblok bahan pewarna dengan lilin. Teknik ini dikenal juga di India selain di Indonesia dan Malaysia.

Batik Gedog Processing - Tuban - East Java

3. Camphor - Kapur Barus

Pohon kapur (Dryobalanops aromatic) ini berbeda dengan kayu kamper (Cinnamomum camphora). Pohon kapur disadap getahnya untuk wangi-wangian dan merupakan komoditi perdagangan yang penting sejak 2000 tahun yang lalu di ujung pulau Sumatera (Barus). Sekarang pohon kapur merupakan tanaman yang hampir punah dan masuk dalam daftar critically endangered species.

Crown Shyness of the Kapur Tree

4. Java – Kopi Jawa

Kata Java di Amerika merupakan slang untuk kopi. Kopi dibawa ke Eropa sejak abad ke 17 sejak perkebunan kopi dimulai di Jawa oleh Belanda. Kopi Jawa juga berarti cara menyajikan kopi ala Jawa, bubuk kopi disiram air panas dengan banyak gula.

5. Kecak

Kecak, drama musik Bali tanpa iringan musik yang asalnya merupakan tarian sanghyang (kerauhan/kesurupan). Kecak digunakan dalam videogame Jepang seperti beatmania IIDX, Secret of Mana dan Breath of Fire IV. Dalam festival Burning Man di Amerika ada Monkey chant workshop yaitu mengikuti komando kecak yang dilakukan beberapa orang leader.

6. Kris - Keris

Keris dikenal juga di Malaysia, Thailand dan Brunei selain di Indonesia. Keris barangkali berasal dari bahasa Jawa ngiris. Pamor merupakan corak yang terjadi dibilah keris akibat penempaan logam.

pengrajin keris

7. Sarong - sarung

Kain berbentuk tube/guling atau kain panjang digunakan sebagai bawahan bagi perempuan dan lelaki di Asia, Asia selatan dan tenggara, Afrika, jazirah arab dan Kepulauan Pasifik. Dibagian tengah sarung biasanya ada motif yang berbeda yang disebut kepala.

8. Satay – Sate

Sate asalnya dari Jawa, tapi juga populer di Malaysia, Singapur, Brunei, Thailand, Filipina selatan juga di Belanda.

9. Sweet Soy Sauce – Kecap Manis

Kecap manis khas Indonesia diperlukan dalam membuat sate dan banyak makanan Indonesia lain.

Kecap Manis

10. Tempeh – Tempe

Tempeh makanan tradisional terbuat dari kedelai berasal dari Indonesia. Tempe sekarang dikenal sebagai sumber protein bagi para vegetarian dan banyak makanan internasional dibuat dari tempe sebagai pengganti daging.

Sumber : http://unik.kompasiana.com/2011/10/10/10-sumbangan-indonesia-untuk-dunia/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar